Sabtu, 03 November 2012

PROSPEK GURU MATEMATIKA DILIHAT DARI PERAN TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN MATEMATIKA

PROSPEK GURU MATEMATIKA DILIHAT DARI PERAN TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN MATEMATIKA

Seiring dengan berjalannya waktu, kebutuhan teknologi memang hal yang paling sering disorot termasuk dalam dunia pendidikan. Sebagai pendidik, kita harus bisa mengadaptasikan diri kita sesuai tuntunan zaman. Salah satu tugas pendidik adalah mengajar, mengajar disini ialah membuat seseorang yang tadinya tidak tahu menjadi tahu (belajar), sehingga yang harus dipikirkan adalah bagaimana kita bisa menyampaikan materi kepada siswa, menarik perhatian siswa untuk belajar, memberikan hasil yang lebih akurat, cepat, serta dapat divisualisasikan, dan yang terpenting adalah siswa mendapatkan esensi dari belajar itu sendiri.
Mengajar dengan alat digital tidak berarti hanya mempertimbangkan perangkat lunak dan hardware yang digunakan  Guru yang memiliki pengalaman 'belajar dan praktek dengan teknologi harus mencerminkan pada mereka praktek mengajar menggunakan teknologi. Masalah utama guru ketika memutuskan memutuskan untuk menggunakan teknologi dalam kelas mereka adalah memutuskan program perangkat lunak apa yang akan digunakan serta efektifitas dari penggunaan teknologi itu sendiri, jangan sampai perangkat lunak atau perangkat keras yang digunakan malah mengganggu fokus dan konsentrasi siswa itu sendiri. Alanhkah lebih baik jika penggunaan teknologi juga dikombinasikan dengan kegiatan otentik yang memungkinkan guru untuk berhubungan dengan apa yang akan mereka pelajari. Tetapi sebaliknya, jika penggunaan teknologi dilakukan dengan tepat maka sasaran dalam pembelajaran akan tercapai, sehingga prestasi siswa bisa meningkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar