PROSPEK
GURU MATEMATIKA DILIHAT DARI PERAN TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN MATEMATIKA
Seiring dengan berjalannya waktu, kebutuhan teknologi
memang hal yang paling sering disorot termasuk dalam dunia pendidikan. Sebagai
pendidik, kita harus bisa mengadaptasikan diri kita sesuai tuntunan zaman.
Salah satu tugas pendidik adalah mengajar, mengajar disini ialah membuat seseorang yang tadinya tidak tahu menjadi
tahu (belajar), sehingga yang harus dipikirkan adalah bagaimana kita bisa
menyampaikan
materi kepada siswa, menarik perhatian siswa untuk belajar, memberikan hasil yang
lebih akurat, cepat, serta dapat divisualisasikan,
dan yang terpenting adalah siswa mendapatkan esensi dari
belajar itu sendiri.
Mengajar dengan
alat digital tidak berarti hanya mempertimbangkan perangkat lunak dan hardware
yang digunakan Guru yang memiliki
pengalaman 'belajar dan praktek dengan teknologi harus mencerminkan pada mereka
praktek mengajar menggunakan teknologi. Masalah utama guru ketika memutuskan memutuskan untuk
menggunakan teknologi dalam kelas mereka adalah memutuskan program perangkat lunak apa yang akan digunakan serta efektifitas dari penggunaan teknologi itu sendiri,
jangan sampai perangkat lunak atau perangkat keras yang digunakan malah
mengganggu fokus dan konsentrasi siswa itu sendiri. Alanhkah lebih baik jika penggunaan
teknologi juga dikombinasikan dengan kegiatan otentik yang memungkinkan guru
untuk berhubungan dengan apa
yang
akan mereka pelajari. Tetapi
sebaliknya, jika penggunaan teknologi dilakukan dengan tepat maka sasaran dalam
pembelajaran akan tercapai, sehingga prestasi siswa bisa meningkat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar